Halaman

Kamis, 27 Desember 2012

Sukhoi Superjet 100

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Superjet 100
Aeroflot Sukhoi SuperJet Osokin.jpg
Sebuah Sukhoi Superjet milik maskapai Aeroflot
 Tipe Pesawat penumpang regional
 Produsen Komsomolsk-on-Amur Aircraft Production Association
 Perancang Sukhoi Civil Aircraft (UAC)
 Terbang perdana 19 Mei 2008[1]
 Diperkenalkan 21 April 2011 dengan Armavia
 Pengguna Aeroflot[2]
 Tahun produksi 2007–sekarang
 Jumlah produksi 6 prototipe + 6 serial (Des 2011)
 Biaya program US$1.4 miliar
 Harga satuan $23-25 juta[3]
 Varian .
Pesawat prototipe Sukhoi Superjet 100 take-off
Tampilan perdana Pesawat Sukhoi SuperJet 100 pada Komsomolsk-On-Amur Aircraft Plant
Sukhoi Superjet 100 (Bahasa Rusia: Сухой Суперджет 100) merupakan sebuah pesawat yang dibuat dan dikembangkan oleh Sukhoi. Pesawat ini merupakan salah satu pesawat terbaru di Rusia dan merupakan pesawat penumpang Rusia pertama yang dikembangkan pasca bubarnya Uni Soviet[4] . Pesawat ini ditujukan untuk menggantikan Tupolev Tu-134 dan Yakovlev Yak-42 peninggalan Soviet yang sudah tua dan sering mengalami kecelakaan. Di pasar global, Superjet 100 berkompetisi dengan seri pesawat regional Bombardier CRJ dan Embraer E-Jets serta Antonov An-148. Proyek Superjet 100 didukung sepenuhnya oleh pemerintah Rusia dan dikatakan sebagai salah satu proyek nasional terpenting[5][6]. Sukhoi Superjet 100 pertama kali mengudara pada 2011. Pengguna pertamanya adalah maskapai penerbangan nasional Armenia, Armavia, yang membeli sebanyak 4 unit. Aeroflot, maskapai penerbangan nasional Rusia memesan sebanyak 50 unit, tiga diantaranya sudah masuk dinas. Di Indonesia, pesawat ini telah dipesan Kartika Airlines sebanyak 15 unit, dan Sky Aviation, juga sebanyak 15 unit.
Mesin SaM146, dikembangkan oleh Powerjet, sebuah joint venture antara NPO Saturn Rusia dan Snecma Perancis.
Pesawat ini mulai diproduksi pada tahun 2007. Hingga saat ini jumlah produksinya adalah 6. Perancangannya dimulai mulai tahun 2000 oleh Sukhoi dengan dukungan perusahaan kedirgantaraan Barat seperti Boeing sebagai konsultan proyek, Alenia Aeronautica sebagai rekan kerja strategis. Snecma sebagai rekan kerja risk-sharing, dan berbagai perusahaan lainnya seperti Thales sebagai penyedia paket avionik. Pesawat ini telah disertifikasi layak terbang oleh Komite Penerbangan Antarnegara[7] pada 3 Februari 2011 dan sertifikasi Uni Eropa pada tahun Februari 2012 [8]

Daftar isi

Spesifikasi


SSJ 100–75 SSJ 100-75LR SSJ 100–95 SSJ 100-95LR
Kru kokpit 2
Kapasitas tempat duduk 83 (1 kelas, rapat)
78 (1 kelas, standar)
68 (2 kelas, standar)
103 (1 kelas, rapat)
98 (1 kelas, standar)
86 (2 kelas, standar)
Seat pitch 30 (1 kelas, rapat), 32 (1-class, standar)
36 & 32 (2 kelas, standar)
31 in (1-class, rapat), 32 (1 kelas, standar)
36 & 32 (2 kelas, standar)
Panjang 26,44 m (86 ft 9 in) 29,94 m (98 ft 3 in)
Bentang sayap 27,80 m (91 ft 2 in)
Tinggi 10,28 m (33 ft 9 in)
Diameter maks Fuselage 3,35 m (11 ft 0 in)
Lebar kabin 3,236 m (127.4 in)
Tinggi kabin 2,12 m (6 ft 11 in)
Lebar Aisle 51 cm (20 in)
Lebar tempat duduk 46,5 cm (18.3 in)
Volume bins per penumpang 0,07 m3 (Templat:Convert/ft3)
Berat Maksimum take-off (MTOW) 38.820 kg (85,600 lb) 42.280 kg (93,200 lb) 45.880 kg (101,100 lb) 49.450 kg (109,000 lb)
Berat kosong (OEW) 25.100 kg (55,000 lb)
DOW 26.600 kg (59,000 lb)
Berat landing maksimum 35.000 kg (77,000 lb) 41.000 kg (90,000 lb)
Maximum payload 9.130 kg (20,100 lb) 12.245 kg (27,000 lb)
Kapasitas Maksimum BBM 13135 L (10,600 kg or 23370 lb) 13135 L (10,600 kg or 23,370 lb)
Kapasitas kargo 1.501 m3 (53,000 cu ft) 2.197 m3 (77,600 cu ft)
Jarak minimum takeoff (MTOW) 1.515 m (4,970 kaki) 1.731 m (5,680 kaki) 2.052 m (6,730 kaki)
Ketinggian terbang maksimum 12.500 m (41,000 kaki)
Kecepatan jelajah Mach 0,78 (828 km/h/511 mph / 448knots at 11,000 m/36,000 ft)
Kecepatan jelajah maksimum Mach 0,81 (870 km/h/ 541 mph / 469knots at 11,000 m/36,000 ft)
Jangkauan (beban penuh penumpang) 2.900 km (1,800 mil) 4.550 km (2,830 mil) 3.048 km (1,894 mil) 4.578 km (2,845 mil)
Mesin (x 2) PowerJet SaM146
Takeoff thrust (x 2) Templat:Convert/lbf Templat:Convert/lbf
APR thrust (x 2) Templat:Convert/lbf Templat:Convert/lbf
Fan tip diameter 1,22 m (48 in)
Panjang Mesin 2,07 m (81 in)
Sumber: Sukhoi Civil Aircraft Company,[9] Superjet International,[10] PowerJet.[11]

Kecelakaan

Pada Rabu, 9 Mei 2012, sebuah pesawat Sukhoi Superjet 100 dengan nomor penerbangan RA36801, melakukan demonstrasi penerbangan atau joyflight yang diseleggarakan oleh PT Trimarga Rekatama. Pesawat Sukhoi Superjet 100 ini berangkat dari Bandar Udara Halim Perdana kusuma, Jakarta pada pukul 14.12 WIB dengan mengangkut 45 orang [12]. Delapan orang di antaranya merupakan awak pesawat warga Rusia, Satu orang warga negara Amerika dan satu orang warga negara Australia. Penumpang lainnya dari media massa dan utusan perusahaan di bidang penerbangan di Indonesia.
Tak lama kemudian, pesawat ini menghilang dari layar radar di ketinggian 1.900 meter (6.200 kaki) pada koordinat 06° 43' 08" Lintang Selatan dan 106° 43' 15" Bujur Timur. Koordinat ini diperkirakan di sekitar Cidahu Gunung Salak, Jawa Barat[13] [14]Tanggal 10 Mei 2012, serpihan Sukhoi Superjet 100, terlihat di tebing di Gunung Salak. Pesawat Sukhoi Superjet 100 ini menabrak tebing batu di Gunung Salak. Jumlah penumpang yang meninggal dalam Sukhoi Superjet 100 itu pertama kali di duga adalah 50 penumpang namun kemudian di ralat menjadi 45 penumpang karena 5 orang batal ikut terbang .

Referensi


Pranala luar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar