Halaman

Kamis, 27 Desember 2012

Antonov An-124

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


An-124 Ruslan
Antonov-AH-124-100.JPG
An-124-100 milik Volga-Dnepr
 Tipe Pesawat Kargo
 Produsen Antonov
 Terbang perdana 24 Desember 1982[1]
 Diperkenalkan 1986
 Pengguna Russian Air Force
Ukrainian Air Force
Antonov Airlines
Polet Airlines
 Jumlah produksi 56
 Harga satuan ~ US$150-200 million
 Varian Antonov An-225
Antonov An-124 Ruslan (bahasa Rusia: Антонов Ан-124 «Руслан») (NATO: Condor) adalah pesawat terbang terbesar yang pernah diproduksi sampai Airbus A380 diproduksi. An-225 Mriya, merupakan pengembangan desain dari pesawat Antonov ini.An-124 adalah Pesawat kedua terbesar di dunia serial produksi pesawat kargo dan ketiga terbesar di dunia operasi pesawat kargo, nomer satu adalah Antonov An-225 (varian besar dari An-124) dan Boeing 747-8F.Pertama diterbangkan pada tahun 1982, sertifikasi sipil dikeluarkan pada tanggal 30 Desember 1992 Sebanyak 40 dalam pelayanan (26 model sipil dengan maskapai penerbangan dan 10 pesanan perusahaan per Agustus 2006) dan 20 berada di penggunaan komersial pada tahun 1998 di Ukraina, Rusia, Uni Emirat Arab dan Libya.

Daftar isi

Desain

Secara eksternal, An-124 mirip dengan Galaxy Lockheed Amerika C-5, namun memiliki muatan 25% lebih besar, dan bukannya Galaxy ekor T-, An-124 menggunakan empennage konvensional, serupa di desain dengan yang dari Boeing 747. An-124 telah digunakan untuk membawa lokomotif, kapal pesiar, fuselages pesawat, dan berbagai kargo kebesaran lainnya. Pesawat ini mampu berlutut untuk memungkinkan front loading lebih mudah, dan memiliki derek on-board overhead yang mampu mengangkat hingga 30 ton kargo, dan barang-barang hingga 120 ton dapat diderek pada board.Up sampai 150 ton kargo dapat dibawa dalam militer An-124, tetapi juga dapat membawa 88 penumpang di dek atas belakang bagian tengah sayap. Kompartemen kargo dari An-124 adalah 36 mx 6,4 mx 4,4 m, ca. 20% lebih besar dari kompartemen kargo utama C-5 Galaxy, yang merupakan 36.91 mx 5.79 mx 4,09 m. Namun, karena presurisasi terbatas dalam kompartemen kargo utama (24,6 kPa, 3,57 psi), jarang membawa paratroopers.Pilots telah menyatakan bahwa An-124 adalah cahaya pada kontrol dan mudah untuk menangani untuk pesawat dari ukurannya.

Varian

B-52 & Tu-95.jpg
AN-124-100 1.jpg
Russian heavylift freighter AN-124.jpg
An-124 Ruslan
Pesawat kargo khusus
An-124-102
An-124-130
An-124-100
Pesawat kargo komersil
An-124-100M

Operator

Antonov An-124.jpg

Militer

 Rusia
 Ukraina

Sipil

Polet Airlines An-124 RA-82075 at SVO 28-Jul-2011.jpg
 Libya
 Rusia
 Ukraina
 Uni Emirat Arab
 Bulgaria

Spesifikasi

800px-Antonov 124.svg.png
D-18T Engines.jpg
Data dari antonov.com[2]

Karakteristik umum

  • Kru: 6
  • Kapasitas: 88 passengers
  • Payload: 150,000 kg
  • Panjang: 68.96 m
  • Lebar sayap: 73.3 m
  • Tinggi: 20.78 m
  • Luas sayap: 628 m²
  • Bobot kosong: 175,000 kg
  • Bobot terisi: 405,000 kg
  • Bobot berguna: 230,000 kg
  • Bobot maksimum lepas landas: 405,000 kg
  • Mesin: 4× Ivchenko Progress D-18T turbofans, 229.5 kN masing-masing

Kinerja

Referensi

  1. ^ [1]
  2. ^ "www.antonov.com". Official Antonov website.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar