Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
DC-10 | |
---|---|
|
|
Tipe | Pesawat penumpang jet berbadan lebar |
Produsen | McDonnell Douglas |
Terbang perdana | 29 Agustus 1970 |
Status | Beroperasi, umumnya dengan operator kargo dan carter. |
Pengguna | FedEx Express Omni Air International Garuda Indonesia (telah dipensiunkan) Arrow Air Biman Bangladesh Airlines |
Tahun produksi | 1968-1988 |
Jumlah produksi | DC-10: 386 unit KC-10: 60 unit |
Varian | KC-10 Extender |
DC-10 adalah pesawat komersial berbadan lebar buatan McDonnell Douglas yang pertama, yang dirancang berdasarkan spesifikasi yang diminta American Airlines: pesawat berbadan lebar yang lebih kecil dari Boeing 747 namun dapat menempuh jarak yang sama jauhnya. Penerbangan pertama dilakukan pada 29 Agustus 1970 dan layanan komersial dimulai pada tahun 1971.
Pesawat DC-10 ke-446 dan yang terakhir selesai dibangun pada Desember 1988 dan diantarkan kepada Nigeria Airways pada awal 1989.
Varian
Ada 6 varian DC-10:- DC-10-10 - versi asli. Umumnya digunakan untuk penerbangan domestik di Amerika Serikat. Ditenagai mesin General Electric CF6-6D
- DC-10-15
- DC-10-30 - model yang paling banyak digunakan, terutama untuk penerbangan jarak jauh, Ditenagai mesin General Electric CF6-50C yang lebih kuat
- DC-10-40 - Memiliki spesifikasi serupa seri -30, namun ditenagai oleh mesin Pratt & Whitney JT9D-59A. Hanya digunakan 2 operator (Northwest Airlines dan Japan Airlines)
- KC-10 Extender - versi militer. Untuk pengisian bahan bakar di udara.
Kecelakaan-kecelakaan terkenal
- 1974 - Turkish Airlines Penerbangan 981; jatuh di Paris; korban: 346 jiwa. Disebabkan pintu bagasi yang meledak terbuka saat penerbangan, disebabkan mekanisme pengunci yang rusak akibat tekanan udara (pintu bagasi DC-10 dan pesawat badan lebar lainnya membuka ke luar, yang berarti harus bekerja keras menahan perbedaan tekanan udara dengan mekanisme pengunci yang baik, berbeda dengan pintu penumpang yang membuka ke dalam, sehingga tekanan udara dapat menahan pintu ini mengunci, bersama dengan mekanisme pengunci. Setelah kecelakaan ini, McDonnell Douglas memutuskan memperbaiki sistem pengunci. Kecelakaan serupa terjadi pada American Airlines Penerbangan 96 (DC-10) dan United Airlines Penerbangan 811 (Boeing 747)
- 1979 - American Airlines Penerbangan 191; jatuh di Chicago; korban: 273 jiwa
- 1989 - United Airlines Penerbangan 232; jatuh di Sioux City, AS; korban: 110 jiwa
Tidak ada komentar:
Posting Komentar