Halaman

Rabu, 26 Desember 2012

Douglas DC-10

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
DC-10
McDonnell Douglas Logo.png
FedEx 912.jpg
Pesawat MD-10-10 milik FedEx Express, modernisasi DC-10
 Tipe Pesawat penumpang jet berbadan lebar
 Produsen McDonnell Douglas
 Terbang perdana 29 Agustus 1970
 Status Beroperasi, umumnya dengan operator kargo dan carter.
 Pengguna FedEx Express
Omni Air International
Garuda Indonesia (telah dipensiunkan)
Arrow Air
Biman Bangladesh Airlines
 Tahun produksi 1968-1988
 Jumlah produksi DC-10: 386 unit
KC-10: 60 unit
 Varian KC-10 Extender
Northwest Airlines DC-10
McDonnell Douglas DC-10 adalah pesawat komersial berbadan lebar bermesin tiga yang merupakan penerus model Douglas DC-8 untuk operasi-operasi jarak jauh, dan bersaing dengan Airbus A300, Boeing 747 ("jumbo jet"), dan Lockheed L-1011 TriStar yang bentuknya mirip, dalam kelasnya.
DC-10 adalah pesawat komersial berbadan lebar buatan McDonnell Douglas yang pertama, yang dirancang berdasarkan spesifikasi yang diminta American Airlines: pesawat berbadan lebar yang lebih kecil dari Boeing 747 namun dapat menempuh jarak yang sama jauhnya. Penerbangan pertama dilakukan pada 29 Agustus 1970 dan layanan komersial dimulai pada tahun 1971.
Pesawat DC-10 ke-446 dan yang terakhir selesai dibangun pada Desember 1988 dan diantarkan kepada Nigeria Airways pada awal 1989.

Varian

Ada 6 varian DC-10:
  • DC-10-10 - versi asli. Umumnya digunakan untuk penerbangan domestik di Amerika Serikat. Ditenagai mesin General Electric CF6-6D
  • DC-10-15
  • DC-10-30 - model yang paling banyak digunakan, terutama untuk penerbangan jarak jauh, Ditenagai mesin General Electric CF6-50C yang lebih kuat
  • DC-10-40 - Memiliki spesifikasi serupa seri -30, namun ditenagai oleh mesin Pratt & Whitney JT9D-59A. Hanya digunakan 2 operator (Northwest Airlines dan Japan Airlines)
  • KC-10 Extender - versi militer. Untuk pengisian bahan bakar di udara.

Kecelakaan-kecelakaan terkenal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar