Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
ATR 42 | |
---|---|
Tipe | Pesawat penumpang regional |
Produsen | ATR |
Terbang perdana | 16 Agustus 1984 |
Status | Aktif |
Pengguna | FedEx Feeder Airlinair TRIP Linhas Aéreas Aeromar |
Tahun produksi | 1984-sekarang |
Jumlah produksi | 401+ |
Harga satuan | 42-500: $12 - 16 million (2008) [1] |
Varian | ATR 72 |
Daftar isi |
Desain dan Pengembangan
ATR 42-300 diluncurkan pada tahun 1981, membuat penerbangan pertamanya pada 16 Agustus 1984; Sertifikasi dari Perancis dan Italia diberikan pada September 1985 dan penerbangan komersial pertamanya terjadi pada bulan Desember pada tahun yang sama oleh Air Littoral dari Perancis.[2] Versi awal dari ATR42 ini masuk dalam produksi hingga tahun 1996. Pengembangan berikutnya adalah ATR42-320 (juga dihentikan produksinya tahun 1996) dengan menggunakan mesin yang lebih bertenaga PW-121 untuk performa yang lebih tinggi dan kondisi panas. ATR42-300QC adalah versi pesawat yang bisa diubah secara cepat sebagai pesawat penumpang maupun kargo dari versi standard seri -300. [2]Versi produksi saat ini adalah seri -500. Ini merupakan pesawat generasi baru dengan mesin baru, baling-baling baru, performa puncak dan panas yang ditingkatkan, penambahan kapasitas beban, dan pengembangan kabin penumpang. ATR 42-500 50 kursi pertama disertifikasi pada Juli 1995. [3]
Pada Januari 2009 sedikitnya 401 ATR 42 telah dikirim ke seluruh dunia dengan pesanan sampai dengan 18 pesawat.[3]
Varian
Ada enam varian utama dari ATR 42.ATR 42-200
Versi -200 adalah prototip asli dari ATR 42 dan hanya beberapa yang dibangun untuk keperluan uji coba. Pesawat ini ditenagai dengan mesin Pratt & Whitney Canada PW120 pada 1800 tenaga kuda.[4]ATR 42-300
Versi -300 adalah versi produksi standard. Model ini diproduksi hingga tahun 1996. Pesawat ini ditenagai dengan mesin Pratt & Whitney Canada PW120 pada 1800 tenaga kuda.ATR 42-320
Versi -320 merupakan versi pengembangan dari -300 yang ditenagai oleh mesin PW121 (1900 dk). Pesawat ini dirancang untuk performa lebih baik di kondisi tinggi dan panas.[4]ATR 42-400
Versi -400 adalah nama resmi untuk versi penumpang dari ATR 42 "Surveyor". Versi -400 adalah versi pengembangan dari -200/300/320 using menggunakan baling-baling enam bilah dengan mesin yang sama PW120/PW121. Pengguna utama dari jenis pesawat ini adalah Conviasa & CSA Czech Airlines.ATR 42-500
ATR-500 adalah versi produksi saat ini. Pengiriman pertama dilakukan pada Oktober 1995. Versi ini adalah desain yang benar-benar baru dengan pengembangan untuk performa dan kenyamanan penumpang. Pesawat ini menggunakan mesin baru, baling-baling baru, desain kabin baru, dan peningkatan kapasitas beban. Pesawat ini menggunakan baling-baling enam bilah yang diputar oleh mesin PW127E dengan tenaga 2400 dk untuk untuk performa tinggi danpanas dan meningkatkan kecepatan jelajah. Mesin dapat digunakan hingga suhu udara +45C. Baling-baling dikendalikan secara penuh oleh sistem elektronik dan menggunakan material komposit. Ini juga meningkatkan beban maksimum lepas landas, yang memungkinkan kargo lebih banyak dan jarak tempuh lebuh jauh (sampai dengan 1,500 nm). Dengan baling-baling enam bilah dan insulasi lebih baik, secara drastin dapat ditekan tingkat kebisingan di dalam kabin dengan desain kabin yang lebih elegan. Versi yang terbaru memiliki kemampuan CATII dan instalasi Honeywell HT1000 FMS ganda.[4][5]ATR 42-600
Pada hari kamis 2 Oktober 2007, CEO ATR Stéphane Mayer, mengumumkan seri pesawat terbaru -600 pada konferensi pers yang diadakan di Washington, D.C..ATR 42-600 dan ATR 72-600 baru akan dilengkapi dengan teknologi terbaru yang dibangun dengan pengalaman berharga yang didapat dari pesawat sebelumnya, dengan memiliki efisiensi yang lebih tinggi, kehandalan yang baik, konsumsi bahan bakar dan biaya operasi rendah. Pesawat ini akan dilengkapi dengan mesin standard PW127M (mesin baru menyediakan peningkatan 5% tenaga termodinamikasaat lepas landas, performa yang lebih baik pada landasan pendek, dalam kondisi cuaca panas dan ketinggian. Dilengkapi dengan “fungsi boost” yang digunakan untuk menambah tenaga, hanya digunakan saat lepas landas.), Dek penerbangan dengan kokpit digital dilengkapi dengan lima layar LCD yang akan menggantikan EFIS (Electronic Flight Instrument System) yang dipakai saat ini. Sebagai tambahan, sebuah Multi-Purpose Computer (MPC) akan meningkatkan kemanana penerbangan dan kemampuan operasional. Sistem avionik baru, yang disediakan oleh Thales, akan memyediakan kapabilitas CAT III dan RNP. Pesawat ini juga dilengkapi sistem pencahayaan baru dan kursi yang lebih nyaman dan ruang barang di atas kepala yang lebih besar. Pesawat seri -600 akan secara bertahap diperkenalkan pada paruh kedua tahun 2010.[5]
Versi lain
- Varian kargo
- ATR Surveyor
- Versi korporat
- Inspeksi penerbangan
- ATR Quick Change
Operator
operator sipil
Operator terbesar dari ATR-42 adalah FedEx Express, Airlinair, TRIP Linhas Aéreas,dan maskapai dari Mexico City Aeromar. Jumlah pesawat pada 15 Oktober 2009:- Aer Arann (7)
- Aero Caribbean (3)
- Aero Express Del Ecuador (1)
- Aeromar (14)
- Aerogaviota (4)
- Air Antilles Express (4)
- Air Bagan (2)
- Air Botswana (3)
- Air Contractors(6)
- Air Dolomiti (6)
- Air India Regional (7)
- Air Malawi (1)
- Air Mandalay (1)
- Air Saint-Pierre (2)
- Air Tahiti (4)
- Airlinair (17)
- Aviavilsa (1)
- Aviateca (17)
- Azerbaijan Airlines (2)
- Buddha Air (3)
- Bulgaria Air (2)
- Calm Air (4)
- Cape Air (2)
- Caribbean Airlines (5)
- Cebu Pacific (8)
- Cimber Air (3)
- Contact Air (5)
- Czech Airlines (8)
- DAT Danish Air Transport (5)
- DOT LT (5)
- Dutch Antilles Express (3)
- Empire Airlines (11)
- EuroLOT (6)
- Farnair Switzerland (3)
- FedEx Express (26)
- Finncomm Airlines (4)
- First Air (8)
- Fly540 (3)
- Flywise (4)
- Halcyonair [2]
- Israir Airlines (3)
- Kal Star Aviation (4)
- Kingfisher Red (4)
- Línea Turística Aereotuy (2)
- Mountain Air Cargo (10)
- Olympic Air (2)
- Overland Airways (2)
- Pacific Sun (2)
- Pantanal Linhas Aéreas (6)
- Precision Air (4)
- Pakistan International Airlines (7)
- Regional Air Lines (4)
- Ryanair (past operator)
- Santa Barbara Airlines (1)
- Swiftair (6)
- TACA Regional (9)
- TACV Cabo Verde Airlines (1)
- TAROM (7)
- TRIP Linhas Aéreas (14)
- UTair Aviation (12)
- West Wind Aviation (3)
Operator Militer dan Pemerintah
- Angkatan Udara Gabon
- Penjaga Pantai Italia (3 ATR 42 MP)
- Polisi Keuangan Italia (Guardia di Finanza) (5 ATR 42 MP)
- Pemerintah Libya (Satu ATR42 MP dalam pesanan untuk pengiriman 2009)
- Angkatan Udara Nigeria (Dua ATR 42 MPs dipesan untuk pengiriman 2009, satu dikirim pada Desember 2009, satu dikirim pada awal 2010 )[11]
Spesifikasi
Kategori | ATR 42-500 | ATR 72-500 |
---|---|---|
Kru penerbangan | Dua | |
Pramugari | Satu | Dua |
Kapasitas penumpang (kelas tunggal) | 44-50 | 68-74 |
Panjang | 22.67 m (74 ft 5 in) | 27.16 m (89 ft 2 in) |
bentang sayap | 24.57 m (80 ft 7 in) | 27.05 m (88 ft 9 in) |
tinggi | 7.59 m (24 ft 11 in) | 7.65 m (25 ft 1 in) |
Berat kosong (kg) | 11,250 | 12,950 |
MTOW (kg) | 18,600 | 22,500 (basis) 22,800 (opsi) |
Panjang landasan saat MTOW | 1,165 m (3,822 ft) | 1,290 m (4,232 ft) |
Tenaga | 2× Pratt & Whitney Canada PW127E | 2× Pratt & Whitney Canada PW127F/M |
Kecepatan maksimum | 300 kts (555 km/jam) | 276 kts (511 km/jam) |
Jarak tempuh | 1,611 km / 1,001 mil | 1,500 km / 932 mil |
Ketinggian jelajah | 25,000 ft (7,600 m) |
Referensi
- ^ http://www.atraircraft.com/public/atr/html/upload/doc/4884a71837e47ATR42.pdf
- ^ Detailed Milestones
- ^ [1]
- ^ a b ATR 42-300/320
- ^ ATR 42/72-600
- ^ ATR cargo solutions
- ^ ATR 42 Surveyor
- ^ ATR VIP
- ^ ATR In-flight
- ^ Flight International, 3–9 October 2006
- ^ http://www.aviationnews.eu/2010/03/29/alenia-aeronautica-delivers-second-atr-42-mp-to-the-nigerian-air-force/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar