Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Boeing 727 | |
---|---|
|
|
Tipe | Airliner |
Produsen | Boeing Commercial Airplanes |
Terbang perdana | 9 Februari 1963 |
Diperkenalkan | 1 February 1964 dengan United Airlines |
Status | Tidak diproduksi lagi, masih beroperasi |
Pengguna | FedEx Express Astar Air Cargo |
Tahun produksi | 1963–1984 |
Jumlah produksi | 1,832 |
Rancangan 727 adalah hasil kompromi antara United Airlines, American Airlines, dan Eastern Airlines atas konfigurasi pendahulunya Boeing 707. United mengingingkan sebuah pesawat empat-mesin untuk penerbangannya di bandara ketinggian-tinggi, terutama hubnya di Bandara Internasional Stapleton. American menginginkan pesawat mesin-kembar dengan alasan efisiensi. Eastern menginginkan mesin ke-tiga untuk penerbangan atas airnya ke Karibia. Akhirnya, ketiga maskapai setuju atas sebuah trijet, dan lahirlah 727.
Boeing 727 dirancang untuk dapat beroperasi di bandara-bandara yang belum berkembang (kekurangan fasilitas darat yang memadai). Sebagai contoh, 727 dilengkapi airstair, yaitu pintu masuk dan keluar yang berada di belakang pesawat tepatnya pada bagian buritan pesawat. 727 sangat populer karena mudah dan murah dalam hal perawatan, serta sesuai dengan kebutuhan maskapai pada saat itu yang menginginkan pesawat yang memadai untuk penerbangan jarak pendek hingga sedang, serta mampu mendarat di landasan pendek dengan muatan penuh, terutama untuk frekuensi tinggi dan bandara-bandara di tempat wisata (terutama di negara berkembang). Pesawat ini ditenagai oleh 3 mesin Pratt & Whitney JT8D.
Boeing 727 adalah salah satu pesawat paling berisik yang pernah dibuat.
Varian
- 727-100
- 727-200
urutan rancangan:
pesawat mirip:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar