Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
ATR 72 | |
---|---|
|
|
Tipe | Pesawat penumpang regional |
Produsen | ATR |
Terbang perdana | 27 Oktober 1988 |
Status | aktif |
Pengguna | American Eagle Kingfisher Airlines Binter Canarias Jet Airways |
Tahun produksi | 1988 – sekarang |
Jumlah produksi | 408 |
Harga satuan | 72-500: $16.5 - 20 juta (2008) [1] |
Acuan dasar | ATR 42 |
Daftar isi |
Pengembangan
ATR 72 dikembangkan dari ATR 42 dalam usaha untuk meningkatkan kapasitas penumpang (dari 48 menjadi 78) dengan memperpanjang lambung pesawat sebesar 4.5 m (14 ft 9 in), meningkatkan bentang sayap, memberikan mesin yang lebih bertenaga, dan meningkatkan kapasitas bahan bakar hingga 10 persen. ATR 72 diluncurkan tahun 1986,[2] dan melaksanakan penerbangan perdananya pada 27 Oktober 1988. Tepat satu tahun setelah itu, pada 27 Oktober 1989, Finnair menjadi maskapai pertama yang menggunakan pesawat tersebut dalam penerbangan.[3]Sedikitnya 408 ATR 72 telah dikirim ke seluruh dunia dengan jumlah pesanan hingga 28 pesawat lebih.
Desain
Penumpang memasuki pesawat menggunakan pintu belakang (yang sangat jarang digunakan dalam pesawat penumpang) sedangkan pintu depan digunakan untuk memasukkan kargo. Finnair memesan ATR 72 mereka dengan pintu penumpang depan sehingga mereka dapat menggunakan garbarata jet di Bandar Udara Helsinki-Vantaa.[4]Ganjalan ekor harus dipasang ketika penumpang keluar atau memasuki pesawat dalam kasus jika hidung pesawat terangkat, yang sering terjadi jika kargo dan penumpang keluar dan masuk dengan prosedur yang salah.
Pesawat ATR tidak memiliki Auxiliary Power Unit (APU) seperti umumnya pesawat lain, APU hanya merupakan opsi tambahan dan akan diletakkan di bagian kargo C4. Sebagian besar pesawat dilengkapi dengan rem baling-baling (biasanya disebut sebagai "Hotel Mode") yang menghentikan baling-baling pada mesin #2 (kanan), memungkinkan mesin untuk menyala dan menyediakan udara dan tenaga untuk pesawat tanpa memutar baling-baling. Rem baling-baling tersebut merupakan penggunaan yang tidak penting, dan banyak maskapai melepas rem tersebut, dan akhirnya perusahaan menghilangkannya dari pesawat sepenuhnya. Hal ini menghilangkan kebutuhan berat tambahan dan pengeluaran untuk perawatan APU dan rem baling-baling.[5]
Varian
ATR 72-100
Dua sub-tipe dipasarkan sebagai seri 100 (-100)- ATR 72-101
- Varian roduksi awal ditenagai dua mesin PW124B dan disertifikasi pada September 1989.
- ATR 72-102
- Varian yang ditenagai PW124B disertifikasi pada Desember 1989
ATR 72-200
Dua sub-tipe dipasarkan sebagai seri 200 (-200) versi -200 adalah versi produksi awal, ditenagai dengan mesin Pratt & Whitney Canada PW124B dengan tenaga 2400 dk.[6]- ATR 72-201
- Varian -101 dengan MTOW lebih besar, varian dengan mesin PW124B disertifikasi pada September 1989
- ATR 72-202
- Varian -102 dengan MTOW lebih besar, varian dengan mesin PW124B disertifikasi pada Desember 1989
ATR 72-210
Dua sub-tipe dipasarkan sebagai seri 210 (-210), versi -211, (dan yang dengan pintu kargo lebih besar, disebut versi -212), adalah versi -200 dengan mesin PW127 yang menghasilkan tenaga 2750 dk yang masing-masing dikembangkan untuk kondisi panas dan ketinggian lebih. Dibedakan berdasarkan jenis pintu utama dan pintu darurat.- ATR 72-211
- Ditenagai PW127 disertifikasi pada Desember 1992
- ATR 72-212
- Ditenagai PW127 disertifikasi pada Desember 1992
ATR 72-500
- ATR 72-212A
- dipasarkan sebagai seri -500 dan disertifikasi pada Januari 1997 dengan mesin masing-masing PW127F atau PW127M dimana versi -212A adalah versi pengembangan dari versi -210 dengan baling-baling enam bilah pada mesin identik PW127F. Pengembangan lain adalah penambahan kemampuan angkut beban dan performa lebih, dan juga sistem automasi lebih besar untuk memudahkan kerja pilot.
ATR 72-600
Pada hari kamis 2 Oktober 2007, CEO ATR Stéphane Mayer, mengumumkan seri pesawat terbaru -600 pada konferensi pers yang diadakan di Washington, D.C..ATR 42-600 dan ATR 72-600 baru akan dilengkapi dengan teknologi terbaru yang dibangun dengan pengalaman berharga yang didapat dari pesawat sebelumnya, dengan memiliki efisiensi yang lebih tinggi, kehandalan yang baik, konsumsi bahan bakar dan biaya operasi rendah. Pesawat ini akan dilengkapi dengan mesin standard PW127M (mesin baru menyediakan peningkatan 5% tenaga termodinamikasaat lepas landas, performa yang lebih baik pada landasan pendek, dalam kondisi cuaca panas dan ketinggian. Dilengkapi dengan “fungsi boost” yang digunakan untuk menambah tenaga, hanya digunakan saat lepas landas.), Dek penerbangan dengan kokpit digital dilengkapi dengan lima layar LCD yang akan menggantikan EFIS (Electronic Flight Instrument System) yang dipakai saat ini. Sebagai tambahan, sebuah Multi-Purpose Computer (MPC) akan meningkatkan kemanana penerbangan dan kemampuan operasional. Sistem avionik baru, yang disediakan oleh Thales, akan memyediakan kapabilitas CAT III dan RNP. Pesawat ini juga dilengkapi sistem pencahayaan baru dan kursi yang lebih nyaman dan ruang barang di atas kepala yang lebih besar. Pesawat seri -600 akan secara bertahap diperkenalkan pada paruh kedua tahun 2010.[7]
Menggunakan registrasi tes sementara F-WWEY[8] prototip ATR 72-600 terbang perdana pada 24 Juli 2009; Pesawat ini dikonversi dari sebuah ATR 72-500.[9]
Versi lain
- Varian kargo
- ATR 72 ASW
- Versi Korporat
- ATR Quick Change
Operator
Pada 25 November 2009:- Aer Arann (6) (2 ATR72-201, 4 ATR72-500)
- Aer Lingus Regional (4)
- Aerocaribbean (5)
- Air Algérie (10)
- Air Austral (3)
- Air Bagan (3)
- Air Botswana (2)
- Air Calédonie (2)
- Air Caraïbes (3)
- Air Contractors (12)
- Air Dolomiti (10)
- Air Madagascar (2)
- Air Mandalay (1)
- Air Mauritius (2)
- Air New Zealand (11)
- Mount Cook Airline anak perusahaan dari Air New Zealand (11)
- Air Nostrum (5)
- Air Tahiti (7)
- Air Vanuatu (1)
- Airlinair (8)
- Alitalia Express (10 semuanya disimpan)
- American Eagle (39)
- Arkia Israel Airlines (5)
- Aurigny Air Services (3)
- Avanti Air (1)
- AZAL Azerbaijan Airlines (4)
- Bangkok Airways (8)
- Belle Air (1)
- Buddha Air Nepal (3)
- Berjaya Air (4)
- B&H Airlines (2)
- Binter Canarias (8)
- BoraJet Turkey (4 ATR 72-500)
- Calm Air (1)
- Cambodia Angkor Air (2 ATR72-500 - dipinjam dari Vietnam Airlines)
- Cape Air (2, in Guam for CO-Ex)
- CCM Airlines (6)
- Cebu Pacific (8)
- Ceiba Intercontinental (2)
- China Southern Airlines (5)
- Cimber Sterling (4)
- Contact Air (3)
- Conviasa (7)
- China Southern Airlines (4)
- Czech Airlines (4) (4 ATR72-202)
- DanubeWings (3)
- DAT Danish Air Transport (2)
- Empire Airlines (3)
- EuroLOT (8)
- Executive Airlines / American Eagle (39)
- Farnair Switzerland (10)
- FedEx Express (13)
- Finncomm Airlines (8) (4 pesanan)
- Firefly (7)
- Halcyonair (2)
- Iran Aseman Airlines (5)
- Islas Airways (5)
- Jat Airways (5)
- Jet Airways (14)
- Kingfisher Airlines (18)
- Kingfisher Red (9)
- Lao Airlines (4)
- MASWings (10)
- Merpati Nusantara Airlines (1)
- Mountain Air Cargo (5) (dioperasikan untuk FedEx Express)
- Myanma Airways (3)
- Naysa Aerotaxis (10) (Dioperasikan untuk Binter Canarias)
- Precision Air (5)
- Sevenair (3)
- Swiftair (13)
- Syrian Air (2)
- TACV Cabo Verde Airlines (2)
- Tarom (2)
- Thai Airways International (2)
- TransAsia Airways (9)
- Trigana Air Service (3)
- TRIP Linhas Aéreas (14)
- UTair-Express (3)
- VASCO (2 ATR72-500 -Dipinjam dari Vietnam Airlines)
- Vietnam Airlines (14 ATR72-500)
- Wings Air Indonesia - Group of Lion Air Indonesia
- Cebu Pacific (2, dengan 8 opsi)
- Iberia Airlines (10)
- Iberia Regional (10 pesanan pasti untuk ATR 72-600)
- Royal Air Maroc (8)
- Royal Air Maroc Express (8 pesanan pasti untuk 6 ATR 72-600 & 2 ATR 42-600)
- Hansung Airlines (20)
- Jet Airways (10)
- Kingfisher Airlines (31)
- Kingfisher Red (27)
- Lion Air
- Malaysia Airlines (20,dengan 13 opsi)
- Vietnam Airlines (3)
- Pantanal Linhas Aéreas (2)
Spesifikasi
Kategori | ATR 42-500 | ATR 72-500 |
---|---|---|
Kru penerbangan | Dua | |
Pramugari | Satu | Dua |
Kapasitas penumpang (kelas tunggal) | 44-50 | 68-74 |
Panjang | 22.67 m (74 ft 5 in) | 27.16 m (89 ft 2 in) |
bentang sayap | 24.57 m (80 ft 7 in) | 27.05 m (88 ft 9 in) |
tinggi | 7.59 m (24 ft 11 in) | 7.65 m (25 ft 1 in) |
Berat kosong (kg) | 11,250 | 12,950 |
MTOW (kg) | 18,600 | 22,500 (basis) 22,800 (opsi) |
Panjang landasan saat MTOW | 1,165 m (3,822 ft) | 1,290 m (4,232 ft) |
Tenaga | 2× Pratt & Whitney Canada PW127E | 2× Pratt & Whitney Canada PW127F/M |
Kecepatan maksimum | 300 kts (555 km/jam) | 276 kts (511 km/jam) |
Jarak tempuh | 1,611 km / 1,001 mil | 1,500 km / 932 mil |
Ketinggian jelajah | 25,000 ft (7,600 m) |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar