Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
An-225 Mriya | |
---|---|
|
|
Tipe | Pesawat Kargo |
Produsen | Antonov |
Perancang | Antonov |
Terbang perdana | 21 Desember 1988 |
Status | Beroperasi |
Pengguna | Antonov Airlines (1) |
Tahun produksi | 1988 |
Jumlah produksi | 2 (1 digunakan) |
Acuan dasar | Antonov An-124 |
Dahulu pesawat ini digunakan untuk mengangkut pesawat ulang alik Buran menggantikan Myasishchev VM-T. Namun seiring dengan bubarnya Uni Soviet pada tahun 1991 dan proyek Buran yang tidak dilanjutkan lagi tahun 1993 pesawat ini terpaksa tidak beroperasi (tidak tampak) selama hampir 8 tahun. Pada tahun 2001, pesawat ini kembali dioperasikan dengan menjadi pengangkut berat yang bernomor penerbangan UR-82060 (yang sebelumnya СССР-82060) sampai sekarang.
Sebenarnya, pesawat ini akan dibuat dua unit. Namun hanya satu yang selesai dan digunakan (UR-82060), sedangkan yang kedua dijadwalkan rampung pada tahun 2008 lalu ditunda. Sampai Agustus 2009, pesawat kedua tidak rampung juga dan pengerjaannya telah ditinggalkan.
Daftar isi |
Operator
Spesifikasi (An-225)
Data dari Vectorsite,
Karakteristik umum
- Kru: 6
- Payload: 250,000 kg
- Panjang: 84 m
- Lebar sayap: 88.4 m
- Tinggi: 18.1 m
- Luas sayap: 905 m2
- Bobot kosong: 285,000 kg
- Bobot maksimum lepas landas: 600,000 kg
- Mesin: 6× ZMKB Progress D-18 turbofan, 229.5 kN masing-masing
Kinerja
- Laju maksimum: 850 km/h (460 knots, 530 mph)
- Laju jelajah: 800 km/h (430 knots, 500 mph)
- Jarak jangkau:
- Bahan bakar penuh: 15,400 km
- Batas tertinggi servis: 11,000 m
- Beban sayap: 662.9 kg/m²
- Dorongan/berat: 0.234
Lihat pula
Pengembangan SerupaPesawat Serupa
Tidak ada komentar:
Posting Komentar