Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Airbus A380 | |
---|---|
|
|
Tipe | Pesawat terbang komersial |
Produsen | Airbus |
Terbang perdana | 27 April 2005 |
Diperkenalkan | 25 Oktober 2007 pada Singapore Airlines |
Status | diproduksi |
Pengguna | Singapore Airlines Emirates Qantas Air France |
Tahun produksi | 2004 – present |
Jumlah produksi | 59 unit pada Februari 2011[1] |
Harga satuan | US$ 375.3 juta dolar |
Saat pesawat pertama dibuat dan terbang mengangkasa ukuran pesawat terus dibuat semakin besar. Pada tahun 1950an Boeing memproduksi 707 yang besar. kemudian pada tahun 1970, Boeing memproduksi dan meluncurkan Boeing 747 yang berukuran lebih besar lagi. Tahun 2006, pesawat raksasa A380 baru mengangkasa.
Pesawat ini mempunyai mesin empat mesin buatan Rolls-Royce Trent-900 yang mampu memberikan daya dorong 36.280 kg atau empat mesin kipas turbo Engine Alliance GP 7200 (sebuah perusahaan patungan General Electric dengan Pratt & Whitney), dengan daya dorong 37.003 kg.
Pesawat A380 versi standar memiliki 854 kursi untuk penumpang, sementara A380-900 memiliki 1000 kursi untuk penumpang. di atas pesawat ini terdapat pusat pembelanjaan,tempat bermain anak-anak, dan fasilitas-fasilitas lainya (semua fasilitas ini disediakan sebagai opsi, tergantung pesanan maskapai).
Daftar isi |
Airbus A380 VIP ‘Flying Palace’ (‘Istana Terbang’)
Rancang bangun interior Airbus A380 berpenumpang 20 atau 60 orang berisikan peralatan lengkap kantor atau ruang tidur, kursi nyaman, cocktail bar atau ruang makan (dining room) atau relaxing zone dengan TV yang memiliki ukuran layar superbesar. [2] [3]Mesin
Tenaga disediakan dengan pilihan mesin turbofan Rolls-Royce Trent atau Engine Alliance GP7200. Rolls-Royce Trent pada awalnya menang dalam kompetisi (dipesan lebih banyak oleh para pemesan A380) namun, Engine Alliance memulihkan penjualannya dan pada sekarang ini mesinnya mendapat setengah bagian pasar.Peluncuran
Airbus A380 diperlihatkan untuk pertama kalinya kepada publik pada Januari 2005. A380 melakukan penerbangan perdananya pada 27 April 2005 dari Blagnac Toulouse International Airport, Toulouse, Perancis pada 8:29 UTC dan kembali mendarat dengan selamat pada 12:22 UTC di bandara yang sama.Fasilitas
Airbus dan maskapai penerbangan yang akan menggunakan A380 menekankan kemampuan pesawat ini yang meningkatkan kenyamanan penumpang seperti kabin yang lebih luas dan berbagai fasilitas lain seperti bar, toko-toko, bahkan kasino seperti yang diumumkan oleh Virgin Atlantic.Namun, melihat pengalaman Boeing 747 yang dahulu juga menjanjikan hal serupa, kelihatannya ruang yang lebih luas ini kemungkinan tidak akan dipakai untuk hal-hal seperti itu namun hanya akan dipakai untuk meningkatkan kapasitas pesawat dan menekan pengeluaran. Walau begitu, dengan perhitungan kapasitas 555 kursi, A380 seharusnya bisa menghadirkan kabin kelas ekonomi yang lebih luas.
Bandara juga memerlukan modifikasi pada terminalnya untuk dapat mengakomodasi naik turunnya penumpang yang lebih banyak. Gate 2 tingkat juga bisa diharapkan untuk meningkatkan efisiensi.
Opini
Opini publik saat pertama kali disajikan Airbus A380 adalah kekaguman akan ukurannya yang sangat besar dibandingkan B747 apalagi setelah melihat bahwa A380 benar-benar memiliki 2 tingkat dari depan sampai belakang.Walau demikian, banyak juga yang mencemaskan akan terjadi kepadatan di bandara dan fasilitas-fasilitasnya termasuk saat mengambil bagasi dimana saat penumpang semakin banyak, jumlah bagasi yang diangkut akan meningkat.
Spesifikasi pesawat
Airbus A380-800 | ||
---|---|---|
Airbus A380 dalam warna Airbus | ||
Jenis | Pesawat penumpang sipil | |
Jumlah awak | 2 | |
Penerbangan perdana | 2005 | |
Penerbangan perdana komersial | 2007 | |
Produsen | Airbus | |
Ukuran | ||
Panjang | 73 m | |
Sayap | 79.8 m | |
Tinggi | 24.1 m | |
Luas sayap | 845 m² | |
Berat | ||
Kosong | 280.000 kg | |
Berat maksimum lepas-landas | 560.000 kg | |
Kapasitas | 555 (3-kelas) 840 (1-kelas) |
|
Kap. bagasi | 38 LD3 atau 13 palet | |
Tenaga | ||
Motor | Empat Rolls-Royce Trent 900 atau Engine Alliance GP7200 turbofan | |
Laju | 271.560 lbf | |
Kinerja | ||
Kecepatan laju | 0.85 M (~ 902 km/jam) | |
Kecepatan maks. | 0.96 M (~ 1020 km/jam) | |
Radius operasi | 15.100 km | |
Ketinggian | 13.100 m | 43.000 kaki |
Kecepatan naik | m/min |
Pemesanan
Saat ini, sekitar 15 maskapai penerbangan sudah memesan pesawat A380 ini dengan total 154 order. Pemesanan tertinggi dilakukan oleh Emirates sejumlah 41 buah. Maskapai lain yang juga memesan A380 ini antara lain Lufthansa, Qantas, Singapore Airlines,Korean Air, China Southern Airlines, Air France, dan Malaysia Airlines. Airbus sendiri juga menawarkan tipe ini kepada Garuda Indonesia. Pihak Garuda mengatakan sedang mengkaji tawaran ini, terutama mengingat kebutuhan Garuda akan pesawat berpenumpang banyak untuk melayani penerbangan Haji[4] . Airbus sendiri menyatakan bisa memenuhi pesanan 4 buah per bulan.Penerbangan komersial pertama sudah digembar-gemborkan oleh Singapore Airlines yang sudah mempromosikan bahwa mereka akan menjadi maskapai pertama yang menggunakan A380 untuk rute London dan Sydney dari Singapura yang dijadwalkan dimulai pada akhir Oktober 2007.
Route-proving
Pada tahun 2006, Airbus A380 telah menjalani 18 hari tur keliling dunia (route-proving) menuju beberapa kota besar di dunia. Route-proving untuk tahun 2006 terbagi atas empat rute, yaitu:- Toulouse-Singapura-Seoul
- Toulouse-Hong Kong-Tokyo
- Toulouse-Guangzhou-Beijing-Shanghai
- Toulouse-Johannesburg-Sydney-Vancouver
Trivia
- Kedatangan A380 di Hong Kong saat route-proving terlambat dua jam akibat kebocoran salah satu pipa hidraulik di Frankfurt. Di bandara Frankfurt tidak tersedia suku cadang A380 sehingga harus didatangkan dari pabriknya di Toulouse, Perancis.
- Di München, lebih dari 23.000 orang memadati bandar udara Munich untuk melihat pesawat double-decker (dua tingkat) itu.
Konfigurasi
Airbus baru ini akan dijual dalam dua versi:- Pesawat terbang penumpang (A380-800)
- Pesawat terbang penumpang (A380-900) (belum secara resmi diproduksi)
- Pesawat kargo (A380-800F) (150 ton) (belum secara resmi diproduksi)
A380-900
Airbus akan menambah satu tipe untuk A380 (lebih panjang dari seri -800(79.4–73 m or 260–240 ft).[5]) yakni A380-900. Di mana pesawat ini mampu menampung 650 hingga 900 orang penumpang. Jika dibandingkan dengan A380-800 yang mampu menampung 800 orang penumpang tipe ini mampu memuat 200 orang penumpang lebih banyak. Bulan Mei 2010, Airbus mengumumkan penundaan produksi varian ini[6]. Maskapai yang tertarik membelinya antara lain Virgin Atlantic Airways dan Emirates [7]. Saat ini banyak maskapai penerbangan yang memiliki armada A380 yang memesan pesawat terbang penumpang terbesar di dunia ini. Untuk mengantisipasi masalah yang besar, pihak bandara Internasional sudah memodifikasi airbridge atau garbaratanya menjadi 2 tingkat.Kecelakaan
Airbus A380 telah mengalami 1 insiden terhitung sejak Februari 2011[8][9]. Pesawat Airbus A380 milik maskapai Qantas dengan rute/jurusan Singapura-Sydney (QF32) (pesawat ini dinamai Nancy-Bird Walton) mengalami kejadian mesin no. 2 yang meledak (mengalami kerusakan)[10][11] di atas kota Batam, Indonesia[12][13]. Pesawat ini mendarat darurat di bandara Changi, Singapura. Pesawat ini membawa 433 penumpang dan 26 awak. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Menurut CEO Qantas Airways, Qantas akan memberhentikan sementara pengoperasian Airbus A380 untuk memeriksa mesin pesawat Airbus tersebut. Mesin yang bermasalah tersebut adalah Rolls-Royce Trent 900. Investigator menyatakan penyebabnya adalah kebocoran oli mesin, diduga akibat cacat produksi. [14][15].Referensi
- ^ "A380 production list". 1 Januari 2011.
- ^ http://www.forbes.com/2007/11/13/talal-billionaires-a380-biz-cx_ll_1113plane.html Forbes: A Peek Inside The Flying Palace
- ^ http://www.airbus.com/en/aircraftfamilies/executive_aviation/vip_widebodies/ Airbus Executive and Private Aviation
- ^ http://metrotvnews.com/index.php/metromain/newsvideo/2010/06/07/106694/Airbus-Tawarkan-Tipe-A-380-ke-Garuda-Indonesia
- ^ "Der Riesenvogel wird noch größer". sueddeutsche.de. 16 November 2007. (Jerman)[pranala nonaktif]
- ^ "A380-900 and freighter both on 'back-burner': Enders". Flight Global. 18 Desember 2010. Diakses pada 20 Mei 2010.
- ^ Rothman, Andrea (15 November 2007). "Europe - Airbus plans 900-Seat Superjumbo; Emirates would buy". Bloomberg.
- ^ "Airbus A380 incidents". aviation-safety.net. 21 November 2010. Diakses pada 24 November 2010.
- ^ "Airbus A380 hull-losses". aviation-safety.net. 21 November 2010. Diakses pada 24 November 2010.
- ^ "Human ingenuity saved the day for plane in crisis ".
- ^ Contained versus Uncontained Engine Failure on SKYbrary
- ^ Indonesians collect debris from Qantas plane engine
- ^ Engine damage image
- ^ http://www.airportwatch.org.uk/news/detail.php?art_id=3203
- ^ Sullivan, Rohan for AP. "Qantas CEO: `faulty design' may be behind blowout". Yahoo! News, 5 November 2010.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar