Halaman

Kamis, 27 Desember 2012

Embraer E-Jets

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
 
E-Jet family
Embraer take-off.jpg
Air Canada E-175 meninggalkan Bandar Udara Internasional Montréal-Pierre Elliott Trudeau
 Tipe Pesawat Penumpang
 Produsen Embraer
 Terbang perdana 19 Februari 2002
 Diperkenalkan Maret 2004, LOT Polish Airlines
 Pengguna Republic Airways
Air Canada
JetBlue Airways
Compass Airlines
 Jumlah produksi 682 (Oktober 2010) [1][2][3]
 Harga satuan US$28.5–40.0 juta (2010)
 Varian Embraer Lineage 1000
Embraer E-Jets adalah sebuah seri dari pesawat penumpang jet berbadan sempit, bermesin ganda, jarak menengah yang diproduksi oleh Embraer, sebuah konglomerat dirgantara Brazil yang memproduksi pesawat komersial, militer, dan korporat. Diumumkan pada Paris Air Show tahun 1999, dan memasuki produksi pada tahun 2002, pesawat ini telah mengalami sukses.[4] Pada 30 September 2010, masih terdapat sisa pesanan pasti 245 pesawat E-Jets dan 747 opsi.[1][5] Perusahaan pembangun melaporkan bahwa 671 unit telah dikirim hingga 30 September 2010, dan diprediksi pada akhir tahun 2016, lebih dari 1.100 unit akan dikirimkan.[6]

Daftar isi

Rancangan dan pengembangan

Interior dari sebuah Embraer E-170
Barisan Embraer E-Jets terdiri dari dua varian keluarga komersial utama dan sebuah varian pesawat jet bisnis. E-170 dan E-175 yang lebih kecil menjadi pesawat model utama, dengan E-190 dan E-195 yang menjadi versi perpanjangan, dengan perbedaan mesin jet, sayap yang lebih besar, dan perbedaan struktur roda pendarat. 170 dan 175 berbagi 95% kemiripan, begitu juga dengan 190 dan 195. Dua keluarga ersebut berbagi kemiripan hampir 89%, dengan ptotngan lambung yang mirip dan sistem avionik, yang dilengkapi dengan Sistem Instrumen Penerbangan Elektronik Honeywell Primus Epic.
Meskipun secara umum dinyatakan dalam singkatan huruf "E" yang sederhana, pesawat ini secara teknik masih merupakan Embraer Regional Jets ("ERJ").[7] Embraer mengganti singkatan ERJ dalam promosinya pada awal masa produksi. E-190/195 adalah seri pesawat yang memiliki kapasitas mirip dengan versi awal dari DC-9 dan Boeing 737, yang selalu disebut sebagai pesawat penumpang utama. Embraer mengembangan rancangan inovatif "double-bubble" untuk pesawat jet penumpang komersialnya yang menyediakan ruang kepala untuk berdiri. Embraer E-Jets menggunakan kursi empat kolom.
Pengguna pertama untuk pesawat ini adalah perusahaan Perancis Régional Compagnie Aérienne Européenne dengan sepuluh pesanan dan lima opsi untuk E-170, dan perusahaan Swiss Crossair dengan sebuah pesanan untuk 30 E-170 dan 30 E-190.[8] Pesanan tunggal terbesar untuk semua jenis E-Jets datang dari JetBlue dengan 10 pesanan untuk E-190, dan opsi untuk 100 lebih.[9] JetBlue membuat rekor untuk penerbangan terjauh dari keluarga E190 pada 6 November 2008, ketika pesawat N239JB membaut sebuah penerbangan non-stop dari Anchorage, Alaska (ANC) menuju Buffalo, New York (BUF), dengan jarak tempuh 2.694 nmi (4,989 km). Ini merupakan pesawat kosong dalam sebuah penerbangan tanpa pendapatan, pesawat ini akan kembali ke JFK setelah layanan charter selama dua bulan dengan kandidat Wakil Presiden Sarah Palin.[10]

Varian

E-170 dan 175

Embraer E-175, dalam warna demonstrasi perusahaan, di Bandar Udara Internasional Ottawa
Peluncuran Embraer 190 di pabrik Embraer São José dos Campos pada 9 Februari 2004
Flybe E-195
Keluarga E-170/E-175 adalah versi yang lebih kecil dari dua keluarga E-Jet. E-170 dan E-175 secara langsung bersaing dengan Bombardier CRJ-700 dan Bombardier CRJ-900. Mereka juga secara tidak langsung bersaing dengan pesawat turboprop Bombardier Q400. Pesawat ini juga akan menggantikan segmen pasar dari pesawat yang lebih awal seperti BAe 146 dan Fokker 70. 170 dan 175 ditenagai oleh mesin GE CF34-8E dengan daya dorong masing-masing sebesar 14.200 lbf (62,28 kN).
Embraer 170 adalah versi produksi pertama. Prototipnya diluncurkan pada 29 Oktober 2001, dengan penerbangan perdana 119 hari kemudian pada 19 Februari. Pesawat ini ditunjukkan ke masyarakat pada bulan Mei 2002 di konvensi Asosiasi Maskapai Region Eropa. Setelah respon positif dari komunitas maskapai, Embraer meluncurkan E-175. Penerbangan perdanan dari versi perpanjangan E-175 dilakukan pada bulan Juni 2003 [11]. Sertifikasi tipe untuk 170 diperoleh setelah hampir 2 tahun debut publiknya; pengiriman pesawat E170 pertama kepada pengguna perdana LOT Polish Airlines terjadi pada Maret 2004[12]. E-175 pertama dikirimkan kepada Air Canada dan memasuki layanan pada bulan Juli 2005.[13]

E-190 and 195

Keluarga E-190/195 adalah versi perpanjangan dari keluarga E-170/175 dengan sayap yang lebih besar dan baru, dan mesin baru, GE CF34-10E, dengan daya dorong 18.500 lbf (82,30 kN). Pesawat ini bersaing dengan Bombardier CRJ-1000. Sebagai tambahan, karena berada dalam bentang 100-kursi, pesawat ini berkompetisi juga dengan pesawat jet utama yang lebih kecil seperti Boeing 717-200, 737-500/-600, Airbus A318, dan Bombardier CSeries yang akan datang.
Penerbangan perdana dari E-190 dilakukan pada bulan Maret 2004, dengan penerbangan perdanan dari E-195 pada bulan Desember tahun yang sama. Pengguna pertama dari E-190 adalam maskapai penerbangan bertarif rendah dari New York JetBlue dengan 100 pesanan dan 100 opsi. Maskapai penerbangan bertarif rendah Eropa Flybe menjadi pengguna pertama dari E-195 dengan 14 pesanan dan 12 opsi.[14]
Karena keluarga 190/195 berada dalam ukuran pesawat utama, banyak maskapai mengoperasikan mereka dengan memberikan bagian kelas bisnis dan mengoperasikannya sendiri daripada memberikannya kepada rekan maskapai regional mereka.[rujukan?] Sebagai contoh, Air Canada mengoperasikan 45 pesawat E-190 yang diisi dengan 9 kelas bisnis dan 84 kelas ekonomi sebagai bagian dalam armada utama mereka.

Embraer Lineage 1000

Pada 2 Mei 2006, Embraer mengumumkan rencana untuk membuat varian jet bisnis dari E-190. Pesawat ini akan memiliki struktur yang sama dengan E-190, namun memiliki jarak tempuh tambahan hingga 4,200 nm, dan tempat duduk mewah sebanyak 19 kursi. Angkatan Udara Argentina memesan satu untuk armada presidensial mereka. Pesawat ini disertifikasi oleh Administrasi Penerbangan Sipil AS pada 7 Januari 2009. Dua pesawat produksi pertama dikirimkan pada Desember 2008.

E-195X

Embraer mempertimbangkan untuk membangun sebuah pesawat yang akan dikenal sebagai E-195X, sebuah versi perpanjangan dari E-195. Pesawat ini akan memiliki sekitar 130 kursi. E-195X adalah tanggapan secara langsung dari permintaan American Airlines yang mencari pengganti MD-80 mereka.[15] Embraer membatalkan rencana untuk 195X pada bulan Mei 2010, karena adanya pertimbangan jarak jangkau yang terlalu pendek.[16]

Operator

Lufthansa Cityline E195LR.
  • Embraer 190 (atau EMB 190-100) — Pada Oktober 2010, 301 pesawat Embraer 190 (semua varian) berada dalam layanan penerbangan, dengan 156 pesanan. Operator meliputi Air Canada dengan 45 pesawat (dengan opsi untuk 60 lebih), JetBlue Airways dengan 47 pesawat (104 pesanan pasti) dan AeroMéxico Connect memesan 16 pesawat (dengan 15 opsi), Nas Air (Arab Saudi) (4). Pesanan lain termasuk 32 pesawat untuk US Airways dan 20 untuk Austral Líneas Aéreas (Argentina).[18]

Insiden dan Kecelakaan

Pada 24 Agustus 2010, sebuah Henan Airlines Embraer E-190 yang lepas landas dari Harbin, Republik Rakyat China, jatuh sekitar 1 km sebelum landasan pacu di Bandar Udara Yichun Lindu, dan kecelakaan ini mengakibatkan 42 orang tewas.[22]

Spesifikasi

Varian E-170
(ERJ170-100)
E-175
(ERJ170-200)
E-190
(ERJ190-100)
E-195
(ERJ190-200)
Awak dek penerbangan Dua
Kapasitas penumpang 80 (1-kelas, 29"/30")
78 (1-kelas, 30"/31")
70 (1-kelas, 32")
70 (2-kelas, 36"/32")
[23]
88 (1-kelas, 30")
86 (1-kelas, 31")
78 (1-kelas, 32")
78 (2-kelas, standard)
[24]
114 (1-kelas, 29"/30")
106 (1-kelas, 31")
98 (1-kelas, 32")
94 (2-kelas, standard)
[25]
122 (1-kelas, 30"/31")
118 (1-kelas, 31")
108 (1-kelas, 32")
106 (2-kelas, standard)
[26]
Panjang 29,90 m
(98 ft 1 in)
31,68 m (103 ft 11 in) 36,24 m (118 ft 11 in) 38,65 m
(126 ft 10 in)
Bentang sayap 26,00 m (85 ft 4 in) 28,72 m (94 ft 3 in)
Tinggi 9.67 m
(32 ft 4 in)
10.28 m
(34 ft 7 in)
Berat kosong 21.140 kg (46,600 lb) 21.810 kg (48,100 lb) 28.080 kg (61,900 lb) 28.970 kg (63,900 lb)
Berat lepas landas maksimum (MTOW) 35.990 kg (79,300 lb) (STD)
37.200 kg (82,000 lb) (LR)
38.600 kg (85,000 lb) (AR)
37.500 kg (83,000 lb) (STD)
38.790 kg (85,500 lb) (LR)
40.370 kg (89,000 lb) (AR)
47.790 kg (105,400 lb) (STD)
50.300 kg (111,000 lb) (LR)
51.800 kg (114,000 lb) (AR)
48.790 kg (107,600 lb) (STD)
50.790 kg (112,000 lb) (LR)
52.290 kg (115,300 lb) (AR)
Berat muatan maksimum 9.100 kg (20,000 lb) (STD&LR)
9.840 kg (21,700 lb) (AR)
10.080 kg (22,200 lb) (STD&LR)
10.360 kg (22,800 lb) (AR)
13.080 kg (28,800 lb) 13.650 kg (30,100 lb)
Lepas landas di MTOW 1.644 m (5.394 ft) 2.244 m (7.362 ft) 2.056 m (6.745 ft) 2.179 m (7.149 ft)
Tenaga GE CF34-8E
62,3 kN (13.800 lbf) masing-masing
63,2 kN (14.200 lbf) APR masing-masing
GE CF34-10E
82,3 kN (18.500 lbf) masing-masing
89 kN (20.000 lbf) APR masing-masing
Kecepatan maksimum 890 km/jam (481 kn, Mach 0.82)
Jarak tempuh STD: 3.334 km (1.800 nmi)
LR: 3.889 km (2.100 nmi)
AR: 3.892 km (2.102 nmi)
STD: 3.334 km (1.800 nmi)
LR: 3.889 km (2.100 nmi)
AR: 3.706 km (2.001 nmi)
STD: 3.334 km (1.800 nmi)
LR: 4.260 km (2.300 nmi)
AR: 4.448 km (2.402 nmi)
STD: 2.593 km (1.400 nmi)
LR: 3.334 km (1.800 nmi)
AR: 4.077 km (2.201 nmi)
Kapasitas bahan bakar maksimum 9.335 kg (20,580 lb) 12.971 kg (28,600 lb)
Tinggi penerbangan 41,000 ft (12,500 m)
Kecepatan menanjak Max 3,500 FPM
Daya dorong dibanding berat 0.42:1 0.39:1 0.41:1 0.39:1
Bentang lambung dan kabin
Lebar luar 3,01 m (9 ft 11 in)
Lebar dalam 2,74 m (9 ft 0 in)
Tinggi luar 3,35 m (11 ft 0 in)
Tinggi dalam 2,00 m (6 ft 7 in)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar