Halaman

Kamis, 27 Desember 2012

Bombardier CRJ200

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
 
CRJ100 / CRJ200
Cimber.air.crj-200.oy-rja.arp.jpg
Cimber Air CRJ200
 Tipe Pesawat penumpang regional
 Produsen Bombardier Aerospace
 Terbang perdana 10 Mei 1991
 Status Aktif
 Pengguna SkyWest Airlines, MexicanaLink
Pinnacle Airlines
Atlantic Southeast Airlines
Comair
 Jumlah produksi 1,050+ (Series 100/200)
 Harga satuan US$24-39.7 juta pada 2006
 Acuan dasar Bombardier Challenger 600
 Varian CRJ700/900/1000
Bombardier CRJ100 dan CRJ200 adalah keluarga pesawat penumpang regional yang dibangun oleh Bombardier, diambil dari basis jet bisnis Canadair Challenger.

Daftar isi

Pengembangan

Kokpit CRJ
Pesawat dibuat dengan basis desain Canadair Challenger, yang dibeli oleh Canadair dari Learjet tahun 1976.
Lambung yang lebar dari Challenger dibertahukan lebih awal kepada petinggi Canadair bahwa akan ditarik ke depan untuk memperpanjang pesawat untuk mengakomodir kursi lebih banyak, dan ada rencana untuk membuat Challenger 610E, yang memiliki kapasitas penumpang 24 orang. Perpanjangan tersebut gagal dilakukan, dan usaha tersebut dihentikan tahun 1981, namun ide tersebut tidak hilang.
Tahun 1987, studi dimulai untuk konfigurasi perpanjangan yang lebih ambisius, membawa ke peluncuran formal dari program Canadair Regional Jet pada musim semi 1989. Nama "Canadair" tetap dipertahankan meskipun Bombardier telah membeli perusahaan tersebut. Satu dari tiga pesawat tersebut dengan nama CRJ100 melakukan penerbangan perdana pada 10 Mei 1991, dan satu dari prototip tersebut hilang karena berputar tak terkendali pada Juli 1993. Tipe ini mendapat sertifikasi pada akhir tahun 1992, dengan pengiriman pertama dilakukan pada akhir tahun tersebut.

CRJ100

Lufthansa CRJ100
CRJ100 diperpanjang sebesar 5.92 meter (19 ft 5 in) dari model Challenger 600, dengan perpanjangan di bagian depan dan belakang sayap, dua pintu darurat tambahan, dan sayap yang diubah dan dimodifikasi. Kapsitas penumpang normal adalah 50 penumpang dengan kapasitas maksimum 52 orang. CRJ100 dilengkapi dengan sistem avionik Collins ProLine 4, radar cuaca Collins, mesin turbofan GE CF34-3A1 dengan tenaga 41.0 kN (4,180 kgp / 9,220 lbf), sayap baru dengan bentang yang diperlebar, kapasitas bahan bakar lebih, dan roda pendarat yang ditingkatkan untuk mengatasi bebean yang lebih besar. Kemudian diikuti oleh sub varian CRJ100 ER dengan jarak jangkau tambahan 20%, dan sub varian CRJ100 LR dengan jarak tempuh tambahan 40% dari varian standard CRJ100. Sub varian CRJ 100 SE diproduksi untuk memeny=uhi kebutuhan operator korporat dan eksekutif.

CRJ200

Air Nostrum CRJ200 ER
CRJ200 memiliki model identik dengan model 100 namun dengan mesin yang lebih efisien.
Pinnacle Airlines mengoperasikan beberapa dengan 44 kursi, didesain sebagai CRJ440, denagn jarak antar tempat duduk yang lebih pendek dapat ditampung 50 kursi. Modifikasi ini dilakukan untuk memungkinkan operasi di bawah kontrak dengan maskapai besar yang membatasi maskapai penghubung dari operasi pesawat di atas 50 kursi untuk mencegah persaingan tidak sehat. Dengan kondisi yang sama, Armada Comair CRJ200 40 kursi diberikan dengan harga diskon untuk mencegah Comair membeli pesawat yang lebih murah dan kecil Embraer 135.
Pada Agustus 2006 total 938 pesawat CRJ100 dan CRJ200 (semua varian) berada dalam layanan maskapai, dengan sisa 8 pesanan pasti. Operator utama meliputi Comair (143), Pinnacle Airlines (121), SkyWest Airlines (136), Atlantic Southeast Airlines (110), Air Wisconsin (70), ALMA de Mexico (22), Air Canada Jazz (58), Mesa Airlines (60), Lufthansa CityLine (26), Air Nostrum (35, Plus 7 orders), PSA Airlines (35), Republic Airways Holdings (20) dan Mesaba Airlines (19). Sekitar 20 maskapai lain mengoperasikan pesawat ini dengan jumlah lebih kecil.[1]

Varian

CRJ-100SE pesawat korporat di Kenosha, Wisconsin tahun 1997
CRJ-200
Beberapa model dari CRJ telah dibuat, dengan kapasitas berkisar dari 40 sampai 50 penumpang. Kode pesawat Jet Regional resmi adalah CL-600-2B19.
CRJ100 
CRJ100 adalah versi asli 50 kursi. Dilengkapi dengan mesin General Electric CF34-3A1. Operator meliputi Air Canada Jazz, Comair dan lain-lain.
CRJ200 
CRJ200 identik dengan CRJ100 kecuali untuk mesinnya, dimana dikembangkan menjadi CF34-3B1, menyediakan efisiensi lebih tinggi.
CRJ440 
Menampung hingga 44 kursi, versi ini dibuat untuk mengakomodir kebutuhan beberapa maskapai besar Amerika Serikat.
Challenger 800/850 
Varian jet bisnis untuk CRJ200

Operator

Spesifikasi

Varian CRJ100 ER/LR CRJ200 ER/LR
Kru 3 (2 pilot + pramugari)
Kapasitas kursi 50
Panjang
Bentang sayap
Tinggi
26.77 m (87 ft 10 in)
21.21 m (69 ft 7 in)
6.22 m (20 ft 5 in)
Mesin (2x)
Tenaga lepas landas (2x)
Tenaga maksimum (2x)
GE CF34-3A1
38.83 kN (8,729 lbf)
41.01 kN (9,220 lbf)
GE CF34-3B1
38.83 kN (8,729 lbf)
41.01 kN (9,220 lbf)
Berat maksimum tanpa bahan bakar (ZFW) 19,958 kg (44,000 lb)
Berat muatan maksimum 6,124 kg (13,500 lb)
Berat lepas landas maksimum (MTOW) 24,091 kg (53,000 lb)
Jarak maksimum ER: 3,000 km (1,864 mi, 1,620 nmi)
LR: 3,710 km (2,305 mi, 2,003 nmi)
ER: 3,045 km (1,895 mi, 1,644 nmi)
LR: 3,713 km (2,307 mi, 2,004 nmi)
Kecepatan jelajah Mach .78 [503 mph, 437 knots] (593.74 mph ground, 516 knots ground)
Ketinggian penerbangan 12,496 m (41,000 ft)
Jumlah pesanan 1054
Tanggal sertifikasi Tidak diketahui Juli 1992
CRJ200:
Dimensi:
Luas sayap (net) 520.4 ft2 48.35 m2
Diameter lambung 8 ft 10 in 2.69 m
Lingkar putar 75 ft 22.86 m

Referensi

  1. ^ Flight International, 3-9 October 2006
  • Jackson, Paul. Jane's All The World's Aircraft 2003–2004. Coulsdon, UK: Jane's Information Group, 2003. ISBN 0-7106-2537-5.

Pranala Luar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar