Halaman

Kamis, 27 Desember 2012

Boeing V-22 Osprey

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
 
 
V-22 Osprey
US Navy 080220-N-5180F-015 A Marine Corps MV-22 Osprey prepares to land aboard the amphibious assault ship USS Nassau (LHA 4).jpg
MV-22 Osprey milik Korps Marinir Amerika Serikat bersiap mendarat di kapal serbu amfibi USS Nassau (LHA 4)
 Tipe Pesawat V/STOL
 Produsen Bell Helicopter
Boeing Rotorcraft Systems
 Terbang perdana 19 Maret 1989
 Diperkenalkan 13 Juni 2007[1]
 Status Aktif diproduksi
Aktif beroperasi
 Pengguna Korps Marinir Amerika Serikat
Angkatan Udara Amerika Serikat
 Jumlah produksi 112
 Biaya program US$36 milyar (2011)[2]
 Harga satuan US$67 juta[3]
 Acuan dasar Bell XV-15
Bell Boeing V-22 Osprey merupakan sebuah pesawat terbang militer tiltrotor dengan kemampuan vertical takeoff and landing (VTOL) dan short takeoff and landing (STOL). Pesawat ini didesain dengan menggabungkan kelebihan fungsionalitas dari helikopter konvensional dengan performa jarak jauh dari pesawat terbang turboprop.

Daftar isi

Desain

Nassau Amphibious Ready Group, dengan empat V-22. Dua V-22 dalam konfigurasi penyimpanan kompak.
Tampak dekat dari rotor dan nasel mesin MV-22B
Jarak jelajah tempur V-22 di Irak, dibandingkan dengan jarak jelajah CH-46E yang lebih kecil.
Pesawat terbang Osprey adalah pesawat terbang tiltrotor pertama yang diproduksi secara massal, dengan sebuah proprotor berbilah tiga, mesin turboprop dan nasel transmisi dipasang pada setiap ujung sayap. Pesawat ini dikategorikan sebagai pesawat angkat terdaya oleh Federal Aviation Administration (FAA).[4] Saat lepas landas dan mendarat, pesawat ini biasanya dioperasikan dalam mode helikopter dengan nasel vertikal dan rotor horizontal. Setelah terbang, nasel dirotasikan 90° kedepan untuk melakukan penerbangan horizontal, menjadikan pesawat dalam mode turboprop konvensional yang lebih efisien dan cepat. Kemampuan STOL dapat dicapai jika nasel dimiringkan 45° saat lepas landas dan mendarat. Untuk mode penyimpanan dan transportasi kompak, sayap V-22 dapat diputar sehingga sejajar dengan badan pesawat. Bilah proprotornya dapat juga dilipat sehingga pesawat ini dapat disimpan secara efisien di kapal induk.[5] Penggunaan bahan komposit pada pesawat ini mencapai 43% dari keseluruhan kerangka pesawat. Bilah-bilah proprotor juga menggunakan bahan komposit.[6]
Dua buah mesin Rolls-Royce AE 1107C pada kedua ujung sayap dihubungkan dengan poros penggerak ke kotak roda gigi pusat bersama, sehingga satu buah mesin dapat menggerakkan kedua proprotor jika salah satu mesin mengalami kegagalan.[7] Sebagian besar misi Osprey menggunakan mode penerbangan sayap tetap untuk mengurangi keausan pada komponen pesawat dan menekan biaya operasi.

Varian

V-22A
HV-22
SV-22
MV-22B
CV-22B

Operator

Korps Marinir dan Angkatan Udara Amerika Serikat memiliki V-22 sejumlah 112 unit pada Mei 2010. Sebagian besar digunakan oleh Korps Marinir.[8]
 Amerika Serikat

Spesifikasi (MV-22B)

MV-22 Osprey Line Drawing.svg
Data dari Norton,[12] Boeing,[13] Bell guide,[6] Naval Air Systems Command,[14] dan USAF CV-22 fact sheet[15]

Karakteristik umum

  • Kru: Four (pilot, copilot and two flight engineers/crew cheifs)
  • Kapasitas:
    • 24 orang (duduk), 32 orang (di lantai), atau
    • 9.070 kg (20.000 lb) kargo internal, atau 6.800 kg (15.000 lbkg) of external cargo (dual hook)
    • 1× kendaraan Growler[16][17]
  • Panjang: 17,5 m
  • Diameter baling-baling: 11,6 m)
  • rentang sayap: 14 m (45 ft 10 in)
  • Lebar dengan rotor: 25,8 m (84 ft 7 in)
  • Tinggi: 6,73 m/22 ft 1 in dengan mesin vertikal (mode helikopter)
  • Luas piringan: 212 m²)
  • Luas sayap: 28 m² (301.4 ft²)
  • Bobot kosong: 15.032 kg
  • Bobot terisi: 21.500 kg
  • Bobot maksimum lepas landas: 27.400 kg
  • Mesin:turboshaft Rolls-Royce Allison T406/AE 1107C-Liberty, 4.590 kW masing-masing

Kinerja

Persenjataan

Album

Tidak ada komentar:

Posting Komentar